Informasinia

Bagi Berbagai Informasi


Misterius, Lele Bengkok Ditemukan di Gresik


PENEMUAN 2 ikan lele bertubuh bungkuk menggemparkan Dusun Karang Malang, Desa Karang Semanding, Kecamatan Balong Panggang, Gresik. Kedua ikan itu ditemukan warga saat membersihkan lumpur sumur telaga.

Berbeda dengan ciri ikan lele pada umumnya, kedua ikan itu memiliki keunikan tersendiri. Di bagian ekor berkelok serta punggung membungkuk menyerupai sebilah keris.

“Warga sini menamakan lele bungkuk,” kata Sulkan (52), salah seorang warga Dusun Karang Malang.

Misterius, Lele Bengkok Ditemukan di Gresik

Pada awalnya, kedua ikan lele itu ditemukan dalam waktu berbeda. Selain membersihkan sumur telaga, warga juga mencari ikan. Ikan lele yang pertama, ditemukan Negro Purwono (24). Sedang ikan lele kedua ditemukan Suwanto (48).

Sulkan menambahkan, semula warga tidak menaruh perhatian terhadap ikan lele itu. Saat ikan lele pertama ditemukan, warga mencampur ikan itu dengan ikan lele lain, yang berbentuk normal. Namun setelah ikan lele yang sama ditemukan lagi, warga mulai was-was.

Ketakutan warga itu dikarenakan sumur tempat lele ditemukan berada di dekat gundukan tanah dengan sebatang pohon yang diyakini sebagai makam Mbah Bogo.

Diyakini Jelmaan Keris Pendiri Cikal Bakal Dusun

Dalam kepercayaan masyarakat Dusun Karang Malang, Desa Karang Semanding, Kecamatan Balong Panggang, Mbah Bogo merupakan ‘danyang’ atau pendiri cikal bakal dusun itu.

Karena khawatir kedua ikan lele itu piaraan Mbah Bogo, warga berniat mengembalikan ke dalam sumur telaga seusai sumur dibersihkan.

“Usai sumur dibersihkan, nanti akan kami kembalikan. Terlepas dari hal gaib, kami juga tidak tega melihat kedua ikan itu,” kata Sulkan (52), salah seorang warga Dusun Karang Malang.

Bersih sumur telaga itu, diawali dengan makan nasi tumpeng dan doa bagi arwah leluhur. Meski tidak ada yang menabur bibit ikan di sumur telaga itu, namun ratusan ikan jenis lele dan kutuk ditemukan di sumur itu.

Warga Sempat Alami Kesurupan Saat Sumur Tak Dibersihkan

Di balik penemuan ikan lele misteri, warga Dusun Karang Malang, Desa Karang Semanding, Kecamatan Balong Panggang, Gresik, memiliki kenangan misterius. Tahun 2008, banyak warga yang sakit dan kesurupan, saat sumur tersebut tidak dibersihkan.

“Kita tidak tahu kaitan antara musibah penyakit dan kesurupan, dengan sumur. Tapi yang jelas saat itu banyak yang sakit dan kesurupan,” kata Sulkan (52), salah seorang tokoh masyarakat Dusun Karang Malang, kepada detiksurabaya.com.

Sulkan menceritakan, tahun 2008 lalu, 2 perempuan berinisial TK (23) dan MJ (24), kesurupan di waktu yang hampir bersamaan. Saat kesurupan, keduanya merangkak dan menggeliat di tanah, mirip ikan lele yang tidak bisa hidup jika tidak ada air.

Atas saran tokoh masyarakat setempat, warga lalu menyiram kedua perempuan tadi dengan air sumur. “Anehnya tanah bekas siraman air sumur itu, dijilati dan ditelan. Setelah itu warga lalu membersihkan sumur,” ujar Sulkan menambahkan.

Selain cerita 2 perempuan yang kesurupan, warga setempat juga pernah banyak yang sakit hingga mengomel. “Akhirnya warga menggelar doa bersama dan kenduri dengan ayam panggang di sumur itu,” kata Kasno (39), seorang warga lainnya.

Meski demikian, oleh warga setempat, lokasi itu terlarang sebagai tempat pemujaan ala Hindu Jawa. Agar tidak syirik atau menyekutukan Tuhan, perangkat dusun itu mengharuskan warga bermunajat kepada Tuhan, melalui kenduri dan doa di sumur itu.

“Kalau tidak demikian, masyarakat akan syirik. Jadi tempatnya tetap di sumur, tapi diisi dengan kenduri, tahlil dan istighotsah,” kata Sungkono (52), Takmir Masjid Al-Hidayah Dusun Karang Malang, kala diminta pendapat seputar ritual di sumur itu.

Dijual Rp 99 Juta di Internet

Penemuan sepasang ikan lele misterius yang dijuluki lele bungkuk atau bengkok di Gresik sempat membuat heboh. Cerita pun berkembang ke arah misteri.

Penelusuran detiksurabaya.com di internet, Selasa (29/9/2009), ternyata juga ada orang yang memiliki lele serupa. Bahkan lele itu dijual dengan bandrol Rp 99 juta. Dalam sebuah situs iklan, si penjual yang tak mencantumkan namanya itu memajang iklan yang cukup menarik perhatian.

“di jual ikan lele lokal antik. versi doreng gurun.sahara. berbadan bengkok. panjang 30cm, bentuk ular naga/barongsai(bengkok), warna hitam putih/loreng. harga 99jt kalo ada yang minat hub;? 087882232xxx”. Saat dihubungi nomer telepon yang bersangkutan, gagal. Nomer yang dihubungi tidak aktif.

Di sejumlah situs iklan mini juga banyak yang menawarkan barang misteri yang menggunakan istilah lele bengkok. Misalnya, Bambu Patil Lele Bengkok

Keunikannya bambu tersebyt terletak pada salah satu rantingnya bercabang dua, kemudian pada bagian atasnya batang bambu bengkok dan alisnya atau ruasnya bertemu. Entah apa kelebihannya, namun yang jelas lele bengkok seolah memiliki misteri tersendiri bagi mereka yang gemar hal-hal gaib.

Sumber: detik surabaya
Previous
Next Post »
0 Komentar untuk "Misterius, Lele Bengkok Ditemukan di Gresik "

Terima Kasih Sudah Berkomentar
 
Copyright © 2014- Informasinia All Rights Reserved
Template By Kuncidunia